Skip to main content

Membuat Aplikasi Daftar Wisata Menggunakan Database MYSQL no Library Json

Pada kesempatan ini kita akan membuat satu aplikasi menampilkan daftar wisata (Nama Wisata, Alamat Wisata dan Gambar Wisata) data tersebut di simpan pada databse MYSQL kita akan menggunakan teknologi Json Parsing data pada android, dimana data yang ada pada database MYSQL akan di get dan ditampilkan pada android.

Pada aplikasi ini kita akan menggunakan library useLibrary 'org.apache.http.legacy' karena pada versi android sdk 22.+ bawan libarary itu tidak ada, harus di panggil dari gradle.
Ini akan menggunakan api json yang di buat oleh pt erporte yang apinya sebagai berikut :
http://www.erporate.com/bootcamp/jsonBootcamp.php
semoga dalam praktek anda belum di hapus apinya, secara detail sebagai berikut :
jsonarray :”data”
jsonobject :
  1. ”nama_pariwisata”
  2. ”alamat_pariwisata”
  3. ”detail_pariwisata”
  4. ”gambar_pariwisata”
aplikasi yang akan dibuat, di ambil dari latihan soal ini :
  1. buat halaman login aturan :
  1. jika pengguna atau user memasukkan username : admin dan password : admin. Tidak perlu membuat database untuk login.
  2. Setelah klik button (submit) maka akan mengarah ke halaman splash screen

  1. buat halaman splash screen aturan :
  1. setelah splash screen selesai mengarah ke halaman daftar pariwisata
  2. buat halaman daftar pariwisata aturan :
  1. Halaman daftar pariwisata memunculkan semua lsit daftar pariwisata dan gambar.
  2. data JSON di ambil dari online dengan alamat : erporate.com/bootcamp/jsonBootcamp.php
  3. pada halaman daftar pariwisata buat halaman semenarik mungkin
  4. pengambilan data json menggunakan class dari bawaan android yaitu Asynctask (tidak diperbolehkan menggunakan library pihak ketiga seperti "volley, retrofit dll")

  1. buat halaman detail dari setiap pariwisata
aturan :
  1. jika di klik pada salah satu pariwisata pada daftar pariwisata mengarahkan ke halaman detail pariwisata.
  2. buat halaman detail pariwisata semenarik mungkin
  3. untuk menampilkan gambar menggunakan class dari bawaan android yaitu Asynctask (tidak boleh menggunakan library pihak ketiga "glide, picasso dll")
  4. ambil gambar dari alamat : erporate.com/bootcamp/img

file login.java
import android.content.Intent;
import android.os.Bundle;
import android.support.v7.app.AppCompatActivity;
import android.view.View;
import android.widget.EditText;
import android.widget.Toast;

public class Login extends AppCompatActivity {
    EditText editText1 ,editText2; //Deklarasi object dari class EdiText
    String text1 ,text2; //Deklarasi object string

    @Override
    protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
        super.onCreate(savedInstanceState);
        setContentView(R.layout.activity_login);

    }
    public void loginMasuk(View view) {
        //Method onClick pada Button

        editText1 = (EditText)findViewById(R.id.edittext_username);
        editText2 = (EditText) findViewById(R.id.edittext_password);
        text1 = editText1.getText().toString();
        text2 = editText2.getText().toString();

        if ((text1.contains("Username"))&&((text2.contains("Password")))) {
            Toast.makeText(this, "Sukses Login", Toast.LENGTH_SHORT).show();
            Intent intent = new Intent(Login.this, Splash.class);
            startActivity(intent);
        }

        else if ((text1.matches("")||text2.matches("")))
        {
            //Maka akan menampilkan pesan text toast
            Toast.makeText(this, "Isikan Username dan Password", Toast.LENGTH_SHORT).show();

        }

        else {
            //jika kedua kondisi diatas tidak memenuhi

            Toast.makeText(this, "Login Gagal /Username Password Salah", Toast.LENGTH_SHORT).show();
        }

    }
    @Override
    public void onBackPressed() {
        finish();


    }


}

activity_login.xml
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<RelativeLayout
    xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"

    android:layout_width="match_parent"
    android:layout_height="match_parent"
    android:layout_margin="10dp"
    >

    <LinearLayout
        android:layout_width="match_parent"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:layout_alignParentBottom="true"
        android:background="#0091EA"
        >

        <Button
            android:text="Masuk "
            android:textColor="#FFF"
            android:layout_width="match_parent"
            android:layout_height="wrap_content"
            android:background="#76ff03"
            android:id="@+id/button2"
            android:onClick="loginMasuk"
            android:textStyle="normal|bold"/>
        />

    </LinearLayout>

    <EditText
        android:id="@+id/edittext_password"
        android:layout_width="match_parent"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:hint="Passwordnya : Password"
        android:inputType="textCapWords"
        style="@style/AppTheme"
        android:layout_centerVertical="true"
        android:textSize="20sp"
        android:fontFamily="monospace"/>

    <EditText
        android:id="@+id/edittext_username"
        android:layout_width="match_parent"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:hint="Usernamenya : Username"
        android:inputType="textCapWords"
        android:layout_marginBottom="10dp"
        android:textSize="20sp"
        android:fontFamily="monospace"
        android:layout_above="@+id/edittext_password"
       />

    <TextView
        android:text="Login User"
        android:textColor="#fff"
        android:background="#76ff03"
        android:layout_width="match_parent"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:id="@+id/textView2"
        android:textStyle="normal|bold"
        android:textSize="36sp"
        android:textAlignment="center"
        android:layout_marginTop="52dp"/>

</RelativeLayout>


tampilan aplikasinya seperti ini :
pada awalnya akan muncul tampilan login, untuk username diisi : Username dan passwordnya diisi : Password.







projectnya bisa di download di github.

Comments

Unknown said…
bang kalo ditambahin didatabase latitude dan longitude maps serta nampilin rute mapsnya gimana bang?
Blog basbas said…
comming soon bang, stay tune nanti artikel akan di update
Unknown said…
siap bang ditunggu, tutorialnya mudah dipahami, mantaap bang:))

Popular posts from this blog

Pertemuan 1 Aplikasi Fasyankes

Capain Pembelajaran : Setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa mampu : a) Memahami berbagai macam bentuk aplikasi perangkat lunak pada fasilitas Yankes b) Mengoperasikan aplikasi perangkat lunak yang dipakai di fasilitas Yankes c) Menyajikan informasi berdasarkan hasil pengolahan dari aplikasi perangkat lunak di fasilitas Yankes   I. Pendahuluan Pengenalan tentang pentingnya aplikasi perangkat lunak dalam fasilitas kesehatan (Yankes). Tujuan dari materi ini adalah untuk memperkenalkan berbagai macam bentuk aplikasi perangkat lunak yang digunakan dalam konteks fasilitas kesehatan. II. Pengertian Aplikasi Perangkat Lunak dalam Konteks Fasilitas Kesehatan Definisi aplikasi perangkat lunak dalam dunia kesehatan. Peran dan manfaat aplikasi perangkat lunak dalam memperbaiki efisiensi dan efektivitas layanan kesehatan. III. Klasifikasi Aplikasi Perangkat Lunak pada Fasilitas Kesehatan Administrasi dan Manajemen : Aplikasi untuk manajemen data pasien, jadwal dokte

Basis Data Pertemuan 1

Capaian :  Mahasiswa mampu dalam perkembangan Basis Data  Mahasiswa mampu dalam pengetahuan desain dan arsitektur database  Mahasiswa mampu dalam konsep basis data relasional    Data : Fakta-fakta yang dapat disimpan dan mempunyai arti tertentu.  Contoh: Fakta mengenai obyek, orang, dll. Dinyatakan dengan nilai (angka, deretan karakter, atau symbol). Data terdiri dari : Elemen data : satuan data terkecil yang tidak dapat dipecah lagi menjadi unit lain yang bermakna Rekaman (Record) : gabungan sejumlah elemen data yang saling berhubungan. Berkas (file) : kumpulan dari record-record yang bertipe sama.  Contoh : data mahasiswa, dosen, dll Data dan n   Data 1.      Fakta yang diperoleh di lapangan 2.      Diperlukan suatu proses agar   data bisa digunakan n   Informasi 1.      Hasil dari pengolahan data 2.      Sebagai acuan dalam pengambilan keputusan   BASIS DATA v Himpunan kelompok data (arsip) yang saling berhubungan yang dio

Jaringan Komputer Pertemuan 1

 Capaian : Mahasiswa mampu menganalisis Konsep Dasar jaringan computer Mahasiswa mampu menganalisis pemanfaatan jaringan computer Mahasiswa mampu menganalisis Jenis- jenis   jaringan komputer 1 ( LAN, MAN, WAN) Mahasiswa mampu menganalisis Topologi jaringan computer Mahasiswa mampu menganalisis   Perangkat pada jaringan computer Mahasiswa mampu menganalisis   Model-model pada jaringan komputer (TCP/IP)   I. Pendahuluan Pengenalan tentang pentingnya memahami konsep dasar jaringan komputer dalam era digital saat ini. Tujuan dari materi ini adalah untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang konsep dasar jaringan komputer serta kemampuan untuk menganalisis dan menerapkannya. II. Definisi dan Konsep Dasar Jaringan Komputer Pengertian jaringan komputer dan perannya dalam menghubungkan perangkat elektronik. Konsep dasar seperti node, media transmisi, protokol komunikasi, dan topologi jaringan. III. Klasifikasi Jaringan Komputer Jaringan berdasarkan ukuran