Skip to main content

Membuat App Android Karyawan Inventory Menggunakan CRUD SQLite Part 1

Hii Kuy, salam sejahtera, semoga sehat selalu dan dalam lindungan Tuhan YME.
aplikasi kali ini hanya untuk newbie ya. untuk teman-teman yang baru / mau belajar android /mobile proggramming seperti saya. Pada aplikasi kali ini yaitu membuat aplikasi karyawan inventory, apa itu karyawan inventory? yaitu satu aplikasi yang dapat menginput, menampilkan, mengedit dan
menghapus data karyawan, secara sederhana seperti itu. seperti dibawah ini tampilan aplikasinya :

baca part 2



Kotlin android app meramal cuaca, baca lebih lengkap klik aja 

Disini kita meggunakan Sqlite yaitu bawaan dari android sendiri, Sqlite adalah library bawaan android, database Sqlite tidak membutuhkan server, seperti mana Apache dll. Aplikasi ini masih sangat sederhana, karena belum di kasih validasi penginputan, akan tetapi aplikasi ini memiliki fitur daftar akun untuk login, untuk login aplikasi, untuk input, update, delete dan read yang mana data di tampilkan pada recyclerview. pada tampilan aplikasi sangat sederhana sekali. untuk kalian yang baru belajar proggramming sangat cocok sekali untuk di pelajari, aplikasi ini bisa kalian kembangkan designnya, fitur-fiturnya, dsb.

ingi belajar kotlin? Baca ini ya

aplikasi ini sebenarnya bahan latihan saya yang sebenarnya juga hasil dari Copy tapi bukan paste ya !
jadi untuk kalian yang baru belajar saya sarankan, jangan sekali-kali copy paste, itu tidak akan menambah skill kalian, malahan memperlambat cara belajar kalian.
Oh iya ingat untuk jadi expert kalian harus melakukan apa yang orang biasa tidak lakukan, salah satu contoh dalam belajar, dalam sehari kita kan punya 24jam, dari 24jam itu diushakan 20jam digunakan untuk belajar, dan saya yakin dalam waktu 1-6bulan anda akan bisa membuat aplikasi hasil dari belajar anda, asal jangan lupa sholat 5 waktu bagi yang beragama islam ya.



Oke langsung saja pada tutorialnya, kita akan membutuhkan file seperti pada gambar dibawah ini :


untuk file activity_login.xml seperti dibawah ini :
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
   
android:layout_width="match_parent"
   
android:layout_height="match_parent"
   
android:orientation="vertical" >

    <
EditText
       
android:id="@+id/editTextUserNameToLogin"
       
android:layout_width="match_parent"
       
android:layout_height="wrap_content"
       
android:hint="User Name"
       
android:ems="10" >

        <
requestFocus />
    </
EditText>

    <
EditText
       
android:id="@+id/editTextPasswordToLogin"
       
android:layout_width="match_parent"
       
android:layout_height="wrap_content"
       
android:ems="10"
       
android:inputType="textPassword"
       
android:hint="Password" />

    <
Button
       
android:id="@+id/buttonSignIn"
       
android:layout_width="fill_parent"
       
android:layout_height="wrap_content"
       
android:text="Sign In" />

</
LinearLayout>


file main.xml
mengambil file gambar di folder drawable oleh karena itu sediakan file gambarnya.
<LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"

    xmlns:tools="http://schemas.android.com/tools"

    android:layout_width="match_parent"

    android:layout_height="match_parent"

    android:orientation="vertical"

    android:background="@color/cardview_light_background"

    android:gravity="center_vertical" >



    <ImageView

        android:src="@drawable/karawan"

        android:layout_width="match_parent"

        android:layout_height="wrap_content" />

    <TextView

        android:gravity="center"

        android:text="Aplikasi Karyawan Inventory"

        android:textSize="25dp"

        android:textStyle="bold"

        android:layout_width="match_parent"

        android:layout_height="wrap_content" />



    <Button

        android:id="@+id/buttonSignIN"

        android:layout_width="fill_parent"

        android:layout_height="wrap_content"

        android:text="Login "

        android:onClick="signIn"/>



    <Button

        android:id="@+id/buttonSignUP"

        android:layout_width="fill_parent"

        android:layout_height="wrap_content"

        android:text="Daftar" />



</LinearLayout>

signup.xml
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>

<LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"

    android:layout_width="match_parent"

    android:layout_height="match_parent"

    android:orientation="vertical"

    android:gravity="center_vertical" >



    <EditText

        android:id="@+id/editTextUserName"

        android:hint="User Name"

        android:layout_width="match_parent"

        android:layout_height="wrap_content"

        >



        <requestFocus />

    </EditText>



    <EditText

        android:id="@+id/editTextPassword"

        android:layout_width="fill_parent"

        android:layout_height="wrap_content"

        android:hint="Password"

        android:inputType="textPassword" />



    <EditText

        android:id="@+id/editTextConfirmPassword"

        android:layout_width="fill_parent"

        android:layout_height="wrap_content"

        android:hint="Confirm Password"

        android:inputType="textPassword" />



    <Button

        android:id="@+id/buttonCreateAccount"

        android:layout_width="fill_parent"

        android:layout_height="wrap_content"

        android:text="Buat Akun"

        android:layout_marginBottom="60dp" />



</LinearLayout>

aplikasi ini menggunakan konsep MVC, jadi filenya sebenarnya terlalu banyak, nanti dibagian bawah saya lampirkan link download projectnya jika anda masih belum paham nanti di koment saja bagian bawah artikel ini.

untuk Manager SQLite yaitu melihat data tersimpan di database SQLite kita bisa menggunakan plugin pada modzila seperti pada gambar berikut :


Bagaimana jalannya aplikasi ini? simak video dibawa ini :


untuk download projectnya bisa masuk ke link ini kuy'

ingin belar CRUD di kotlin baca ini ya

jangan lupa share jika menambah skill anda kuy.

Comments

Unknown said…
Keren makasih gan
blog basbas said…
sama2 gan, jika berkenan share, edit dan kembangkan projectnya ngak masalah
Unknown said…
sudah saya coba bikin ulang dan berhasil, tapi masalahnya ketika kita login kita tidak bisa log out gan ? #terima kasih
blog basbas said…
nanti saya update fiturnya ada validasi input dan dialog message untuk logout.
admin said…
Mantaap gan...ijin comot ya

Popular posts from this blog

Pertemuan 1 Aplikasi Fasyankes

Capain Pembelajaran : Setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa mampu : a) Memahami berbagai macam bentuk aplikasi perangkat lunak pada fasilitas Yankes b) Mengoperasikan aplikasi perangkat lunak yang dipakai di fasilitas Yankes c) Menyajikan informasi berdasarkan hasil pengolahan dari aplikasi perangkat lunak di fasilitas Yankes   I. Pendahuluan Pengenalan tentang pentingnya aplikasi perangkat lunak dalam fasilitas kesehatan (Yankes). Tujuan dari materi ini adalah untuk memperkenalkan berbagai macam bentuk aplikasi perangkat lunak yang digunakan dalam konteks fasilitas kesehatan. II. Pengertian Aplikasi Perangkat Lunak dalam Konteks Fasilitas Kesehatan Definisi aplikasi perangkat lunak dalam dunia kesehatan. Peran dan manfaat aplikasi perangkat lunak dalam memperbaiki efisiensi dan efektivitas layanan kesehatan. III. Klasifikasi Aplikasi Perangkat Lunak pada Fasilitas Kesehatan Administrasi dan Manajemen : Aplikasi untuk manajemen data pasien, jadwal dokte

Basis Data Pertemuan 1

Capaian :  Mahasiswa mampu dalam perkembangan Basis Data  Mahasiswa mampu dalam pengetahuan desain dan arsitektur database  Mahasiswa mampu dalam konsep basis data relasional    Data : Fakta-fakta yang dapat disimpan dan mempunyai arti tertentu.  Contoh: Fakta mengenai obyek, orang, dll. Dinyatakan dengan nilai (angka, deretan karakter, atau symbol). Data terdiri dari : Elemen data : satuan data terkecil yang tidak dapat dipecah lagi menjadi unit lain yang bermakna Rekaman (Record) : gabungan sejumlah elemen data yang saling berhubungan. Berkas (file) : kumpulan dari record-record yang bertipe sama.  Contoh : data mahasiswa, dosen, dll Data dan n   Data 1.      Fakta yang diperoleh di lapangan 2.      Diperlukan suatu proses agar   data bisa digunakan n   Informasi 1.      Hasil dari pengolahan data 2.      Sebagai acuan dalam pengambilan keputusan   BASIS DATA v Himpunan kelompok data (arsip) yang saling berhubungan yang dio

Jaringan Komputer Pertemuan 1

 Capaian : Mahasiswa mampu menganalisis Konsep Dasar jaringan computer Mahasiswa mampu menganalisis pemanfaatan jaringan computer Mahasiswa mampu menganalisis Jenis- jenis   jaringan komputer 1 ( LAN, MAN, WAN) Mahasiswa mampu menganalisis Topologi jaringan computer Mahasiswa mampu menganalisis   Perangkat pada jaringan computer Mahasiswa mampu menganalisis   Model-model pada jaringan komputer (TCP/IP)   I. Pendahuluan Pengenalan tentang pentingnya memahami konsep dasar jaringan komputer dalam era digital saat ini. Tujuan dari materi ini adalah untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang konsep dasar jaringan komputer serta kemampuan untuk menganalisis dan menerapkannya. II. Definisi dan Konsep Dasar Jaringan Komputer Pengertian jaringan komputer dan perannya dalam menghubungkan perangkat elektronik. Konsep dasar seperti node, media transmisi, protokol komunikasi, dan topologi jaringan. III. Klasifikasi Jaringan Komputer Jaringan berdasarkan ukuran