Catatan Dari Group CodeAndroid Indonesia
Mohon
koreksinya, dan tolong di tambah beberapa hal yang perlu di pelajari, pengen
buat list belajar untuk orang yang pengen belajar java dari basic, sebelum
nyentuh Android Studio.
Karena
prihatin liat banyak user yang belum tahu java tapi udah berani Nyentuh
Android.
Catatan ini juga berfungsi sebagai antisipasi pertanyaan yang tidak wajar.
Bisa
membuat project baru di netbeans/eclipse (IDE, Integrated Development
Environment)
Bisa
membuat package baru di IDE
Bisa
membuat kelas baru dalam sebuah package / project project tertentu
Dapat
menggunakan fungsi – fungsi dari IDE yang digunakan
Memahami
aturan penamaan Kelas , variable, method (Camel-case, Underscore, dll)
Mempelajari
Basic OOP (Orientation Object Programming)
Memahami
Logika Dasar matematika (AND, OR , dll)
Memahami
tipe data simple di java (int, float, double, char, String)
Memahami
operator (aritmatika , modulus, dll)
Memahami
method main untuk apa? Kenapa sebuah kelas memiliki dan kelas yang lain tidak
memiliki method main ?
Bisa
membuat Kelas yang dapat mencetak “halo”
Bisa
membuat kelas yang dapat melakukan perhitungan(+ – * /). Dan mencetaknya
Dapat
membuat array dan memahami array itu untuk apa ?
Memahami
statement control / (if else, switch)
Memahami
looping control (for, while)
Dapat
membuat kelas dan konstruktornya
Dapat
menciptakan object menggunakan konstruktor yang telah dibuat di dalam
method
main
Dapat
membuat void method (tanpa nilai kembali)
Dapat
membuat method dengan nilai kembali selain void
Dapat
membuat object dan dapat menjalankan method di dalam method main
Memahami
apa itu anonymous object.
Dapat
membuat beberapa kelas lengkap dengan methodnya tanpa method main dan 1
kelas TEST
dengan method main, lalu menciptakan object dari setiap kelas di dalam
method
main milik kelas TEST. Dan tiap object menjalankan methodnya masing –
masing
Memahami penggunaan tipe akses (default, public, private,protected).
Memahami
kelas biasa dan abstract kelas Memahami apa itu abstract kelas, bagaimana
membuatnya dan apa saja aturannya Dapat membuat kelas turunan dari abstract
kelas dan
memahami aturannya Dapat membuat kelas turunan dari kelas biasa
Memahami
apa itu interface di java, bukan User Interface Dapat membuat interface
sendiri
Dapat membuat kelas yang mengimplementasi interface Memahami innerclass
dan
anonymous innerclass Memahami polymorfisme. Memahami variable yang bertipe
kelas
Memahami apa itu wrapper class dan untuk apa? Dapat membuat program yang
dapat
mengambil input user lewat console Mengerti konversi tipe data dari angka ke
String dan
sebaliknya menggunakan wrapper class atau casting Dapat membuat
console
program untuk penjumlahan dengan input dari user Memahami exception
handling
menggunakan try catch, dapat membuat program yang menerapkan
exception
Handling Cari Tahu apa itu Assert. Dapat menangani seluruh Operasi
pada
String(memecah, membuat array, seleksi, dll) Dapat memformat angka pecahan
(jumlah angka di belakang koma) Mempelajari konsep dari Regex (Regular
Expression)
Memahami
konsep Collections (queue, stack, list, set, map, dll). Mempelajari
Serialization
(Mekanisme penulisan object kedalam sebuah byte stream ) Mengerti
konsep
Generic dan Non Generic Dapat membuat program yang menerapkan
Collections
Dapat
membuat program console untuk input data oleh user dan disimpan dalam
collection lalu mencetaknya
Dapat
mengurutkan collection yang tidak urut. (HashMap, TreeMap, dll)
Dapat
memodifikasi isi colection(acak, hapus, update, dll)
Menerapkan
mengurutkan isi collection yang berupa object dari kelas yang dibuat sendiri
dengan mengimplementasi interface comparable atau comparator
Memahami
konsep IO di java
Dapat
membuat program yang membaca isi dari File
Dapat
membuat program yang menulis ke dalam File
Memahami
konsep IO lainnya
Memahami
konsep multithreading (Untuk bagian ini bisa di skip jika mengalami kesulitan,
karena ini memang tidak di wajibkan bagi beginer, sebagai pengetahuan saja,
pelajari konsepnya)
Dapat
membuat thread dalam program
Dapat
menerapkan konsep thread dalam program
Memahami
konsep networking
Dapat
menggunakan kelas – kelas bawaan dalam API java. (calendar, BigDecimal,
StringBuilder, Collections, Arrays, String, dll)
(Untuk
Swing dan langkah setelahnya bisa menjadi opsi, tidak harus di pelajari. Bisa
langsung practide ke Android Studio)
Memahami
konsep GUI menggunakan Swing
Dapat
membuat frame tanpa menggunakan designer netbeans
Dapat
memambahkan komponen – komponen lain (tombol, label, textField, dll) dalam
jFrame
Memahami
window Dialog. Jdialog, JOptionPane
Memahami
event handling sebuah kompunen GUI
Dapat
membuat event handling sendiri
Memahami
konsep management layout GUI
Dapat
membuat GUI dengan menerapkan management layout
Memahami
komponen – komponen penting lainya (table, combobox, fileChooser, slider, dll)
Memahami
method – method yang dimiliki oleh komponen Swing
Membuat
Program – program GUI menggunakan designer netbeans
Memahami
konsep MVC yang memisahkan kode logic dan kode tampilan program
Memahami
konsep database
Memahami
konsep JDBC (Bisa Skip ke SQLite)
Dapat
membuat program yang mengambil data dari database dan menampilkannya
Dapat
membuat program yang dapat menambah data dalam database
Dapat
menambah program yang dapat mengelola database(input, update, delete)
Membuat
program GUI database dengan Swing
Membuat
program – program yang dapat menjadi solusi permasalahan nyata (program
penjualan, program pengelolaan barang, program rental vcd, dll)
(Pattern
adalah hal penting yang harus di pelajar)
Tahu apa
itu Aggregation dan Association ( Menyusun object bersama-sama untuk membentuk
object yang lebih besar)
Mempelajari
DesignPattern (Builder, Adapter, dll).
Yang
terpenting jangan lupa untuk baca Java Documentation http://docs.oracle.com/javase/tutorial/index.html
Bisa
Berkunjung ke sini : https://dokumentasijava.wordpress.com/ untuk
mendapatkan beberapa catatan
Comments