Skip to main content

Urutan Belajar Java Sebelum ke Android Studio

Catatan Dari Group CodeAndroid Indonesia

Mohon koreksinya, dan tolong di tambah beberapa hal yang perlu di pelajari, pengen buat list belajar untuk orang yang pengen belajar java dari basic, sebelum nyentuh Android Studio.
Karena prihatin liat banyak user yang belum tahu java tapi udah berani Nyentuh
Android. Catatan ini juga berfungsi sebagai antisipasi pertanyaan yang tidak wajar.


Bisa membuat project baru di netbeans/eclipse (IDE, Integrated Development
Environment)
Bisa membuat package baru di IDE
Bisa membuat kelas baru dalam sebuah package / project project tertentu
Dapat menggunakan fungsi – fungsi dari IDE yang digunakan
Memahami aturan penamaan Kelas , variable, method (Camel-case, Underscore, dll)
Mempelajari Basic OOP (Orientation Object Programming)
Memahami Logika Dasar matematika (AND, OR , dll)
Memahami tipe data simple di java (int, float, double, char, String)
Memahami operator (aritmatika , modulus, dll)
Memahami method main untuk apa? Kenapa sebuah kelas memiliki dan kelas yang lain tidak memiliki method main ?
Bisa membuat Kelas yang dapat mencetak “halo”
Bisa membuat kelas yang dapat melakukan perhitungan(+ – * /). Dan mencetaknya
Dapat membuat array dan memahami array itu untuk apa ?
Memahami statement control / (if else, switch)
Memahami looping control (for, while)
Dapat membuat kelas dan konstruktornya
Dapat menciptakan object menggunakan konstruktor yang telah dibuat di dalam
method main
Dapat membuat void method (tanpa nilai kembali)
Dapat membuat method dengan nilai kembali selain void
Dapat membuat object dan dapat menjalankan method di dalam method main
Memahami apa itu anonymous object.
Dapat membuat beberapa kelas lengkap dengan methodnya tanpa method main dan 1
kelas TEST dengan method main, lalu menciptakan object dari setiap kelas di dalam
method main milik kelas TEST. Dan tiap object menjalankan methodnya masing –
masing Memahami penggunaan tipe akses (default, public, private,protected).
Memahami kelas biasa dan abstract kelas Memahami apa itu abstract kelas, bagaimana membuatnya dan apa saja aturannya Dapat membuat kelas turunan dari abstract
kelas dan memahami aturannya Dapat membuat kelas turunan dari kelas biasa
Memahami apa itu interface di java, bukan User Interface Dapat membuat interface
sendiri Dapat membuat kelas yang mengimplementasi interface Memahami innerclass
dan anonymous innerclass Memahami polymorfisme. Memahami variable yang bertipe
kelas Memahami apa itu wrapper class dan untuk apa? Dapat membuat program yang
dapat mengambil input user lewat console Mengerti konversi tipe data dari angka ke
String dan sebaliknya menggunakan wrapper class atau casting Dapat membuat
console program untuk penjumlahan dengan input dari user Memahami exception
handling menggunakan try catch, dapat membuat program yang menerapkan
exception Handling Cari Tahu apa itu Assert. Dapat menangani seluruh Operasi
pada String(memecah, membuat array, seleksi, dll) Dapat memformat angka pecahan (jumlah angka di belakang koma) Mempelajari konsep dari Regex (Regular Expression)
Memahami konsep Collections (queue, stack, list, set, map, dll). Mempelajari
Serialization (Mekanisme penulisan object kedalam sebuah byte stream ) Mengerti
konsep Generic dan Non Generic Dapat membuat program yang menerapkan
Collections
Dapat membuat program console untuk input data oleh user dan disimpan dalam collection lalu mencetaknya
Dapat mengurutkan collection yang tidak urut. (HashMap, TreeMap, dll)
Dapat memodifikasi isi colection(acak, hapus, update, dll)
Menerapkan mengurutkan isi collection yang berupa object dari kelas yang dibuat sendiri dengan mengimplementasi interface comparable atau comparator
Memahami konsep IO di java
Dapat membuat program yang membaca isi dari File
Dapat membuat program yang menulis ke dalam File
Memahami konsep IO lainnya
Memahami konsep multithreading (Untuk bagian ini bisa di skip jika mengalami kesulitan, karena ini memang tidak di wajibkan bagi beginer, sebagai pengetahuan saja, pelajari konsepnya)
Dapat membuat thread dalam program
Dapat menerapkan konsep thread dalam program
Memahami konsep networking
Dapat menggunakan kelas – kelas bawaan dalam API java. (calendar, BigDecimal, StringBuilder, Collections, Arrays, String, dll)
(Untuk Swing dan langkah setelahnya bisa menjadi opsi, tidak harus di pelajari. Bisa langsung practide ke Android Studio)
Memahami konsep GUI menggunakan Swing
Dapat membuat frame tanpa menggunakan designer netbeans
Dapat memambahkan komponen – komponen lain (tombol, label, textField, dll) dalam jFrame
Memahami window Dialog. Jdialog, JOptionPane
Memahami event handling sebuah kompunen GUI
Dapat membuat event handling sendiri
Memahami konsep management layout GUI
Dapat membuat GUI dengan menerapkan management layout
Memahami komponen – komponen penting lainya (table, combobox, fileChooser, slider, dll)
Memahami method – method yang dimiliki oleh komponen Swing
Membuat Program – program GUI menggunakan designer netbeans
Memahami konsep MVC yang memisahkan kode logic dan kode tampilan program
Memahami konsep database
Memahami konsep JDBC (Bisa Skip ke SQLite)
Dapat membuat program yang mengambil data dari database dan menampilkannya
Dapat membuat program yang dapat menambah data dalam database
Dapat menambah program yang dapat mengelola database(input, update, delete)
Membuat program GUI database dengan Swing
Membuat program – program yang dapat menjadi solusi permasalahan nyata (program penjualan, program pengelolaan barang, program rental vcd, dll)
(Pattern adalah hal penting yang harus di pelajar)
Tahu apa itu Aggregation dan Association ( Menyusun object bersama-sama untuk membentuk object yang lebih besar)
Mempelajari DesignPattern (Builder, Adapter, dll).
Yang terpenting jangan lupa untuk baca Java Documentation http://docs.oracle.com/javase/tutorial/index.html
Bisa Berkunjung ke sini : https://dokumentasijava.wordpress.com/ untuk mendapatkan beberapa catatan


Comments

Popular posts from this blog

Pertemuan 1 Aplikasi Fasyankes

Capain Pembelajaran : Setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa mampu : a) Memahami berbagai macam bentuk aplikasi perangkat lunak pada fasilitas Yankes b) Mengoperasikan aplikasi perangkat lunak yang dipakai di fasilitas Yankes c) Menyajikan informasi berdasarkan hasil pengolahan dari aplikasi perangkat lunak di fasilitas Yankes   I. Pendahuluan Pengenalan tentang pentingnya aplikasi perangkat lunak dalam fasilitas kesehatan (Yankes). Tujuan dari materi ini adalah untuk memperkenalkan berbagai macam bentuk aplikasi perangkat lunak yang digunakan dalam konteks fasilitas kesehatan. II. Pengertian Aplikasi Perangkat Lunak dalam Konteks Fasilitas Kesehatan Definisi aplikasi perangkat lunak dalam dunia kesehatan. Peran dan manfaat aplikasi perangkat lunak dalam memperbaiki efisiensi dan efektivitas layanan kesehatan. III. Klasifikasi Aplikasi Perangkat Lunak pada Fasilitas Kesehatan Administrasi dan Manajemen : Aplikasi untuk manajemen data pasien, jadwal dokte

Basis Data Pertemuan 1

Capaian :  Mahasiswa mampu dalam perkembangan Basis Data  Mahasiswa mampu dalam pengetahuan desain dan arsitektur database  Mahasiswa mampu dalam konsep basis data relasional    Data : Fakta-fakta yang dapat disimpan dan mempunyai arti tertentu.  Contoh: Fakta mengenai obyek, orang, dll. Dinyatakan dengan nilai (angka, deretan karakter, atau symbol). Data terdiri dari : Elemen data : satuan data terkecil yang tidak dapat dipecah lagi menjadi unit lain yang bermakna Rekaman (Record) : gabungan sejumlah elemen data yang saling berhubungan. Berkas (file) : kumpulan dari record-record yang bertipe sama.  Contoh : data mahasiswa, dosen, dll Data dan n   Data 1.      Fakta yang diperoleh di lapangan 2.      Diperlukan suatu proses agar   data bisa digunakan n   Informasi 1.      Hasil dari pengolahan data 2.      Sebagai acuan dalam pengambilan keputusan   BASIS DATA v Himpunan kelompok data (arsip) yang saling berhubungan yang dio

Jaringan Komputer Pertemuan 1

 Capaian : Mahasiswa mampu menganalisis Konsep Dasar jaringan computer Mahasiswa mampu menganalisis pemanfaatan jaringan computer Mahasiswa mampu menganalisis Jenis- jenis   jaringan komputer 1 ( LAN, MAN, WAN) Mahasiswa mampu menganalisis Topologi jaringan computer Mahasiswa mampu menganalisis   Perangkat pada jaringan computer Mahasiswa mampu menganalisis   Model-model pada jaringan komputer (TCP/IP)   I. Pendahuluan Pengenalan tentang pentingnya memahami konsep dasar jaringan komputer dalam era digital saat ini. Tujuan dari materi ini adalah untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang konsep dasar jaringan komputer serta kemampuan untuk menganalisis dan menerapkannya. II. Definisi dan Konsep Dasar Jaringan Komputer Pengertian jaringan komputer dan perannya dalam menghubungkan perangkat elektronik. Konsep dasar seperti node, media transmisi, protokol komunikasi, dan topologi jaringan. III. Klasifikasi Jaringan Komputer Jaringan berdasarkan ukuran